Rabu, 20 April 2011

Jangan Remehkan Seorang Penulis

By: Chiho Yuki
“Ah,ngapain jadi penulis! Penghasilannya dikit! Males ah!”
                Kata-kata inilah yang sering dilontarkan orang-orang. Padahal guys penulis tuh nggak seperti itu. Contohnya aja nih kaya’ JK.Rowling  yang menulis novel Harry Potter. Novelnya laris manis bak kacang atom,baik itu di negaranya sendiri maupun di negara lain termasuk di Indonesia dan terus menerus dicetak ulang. Hasilnya? Dia mendadak jadi kaya hanya gara-gara menulis novel. Masih nggak percaya? Oke,dah contohnya lagi nih Habiburrahman El-Shirazy yang mendapat royalti sebesar lebih dari 1,8 Miliyar dari hasil penjualan novel Ayat-Ayat Cinta yang. Itu belum termasuk royalty untuk film-nya. Gile bener...!!
            “Kalo soal biar dapet duit banyak mah,gampang. Nggak perlu jadi penulis.
              Jadi direktur aja juga bisa kok.”
            Hmm...ya memang sih bisa. Tapi tau nggak guys kalo jadi direktur tuh ada batasannya. Nggak mungkin kan jadi direktur terus seumur hidup. Suatu saat pasti pensiun. Kalo udah pensiun kan nggak bakalan dapet duit banyak lagi (kecuali kalo pas pensiun berwirausaha yang bisa menghasilkan duit banyak hehehe...). Selain itu nggak bakalan deh ada orang bakalan mengingat-ingat nama kita kalo udah pensiun. Kalo jadi penulis? Nah,beda lagi nih. Jadi penulis tuh nggak bakalan ada batasannya. Mau masih SD atau udah jadi kakek-nenek tetep bisa. Intinya nggak ada batasan umur dah. Dan...orang biasanya akan terus mengingat nama penulis. Nggak peduli itu udah 100 tahun yang lalu ataukah baru satu tahun yang lalu.
            “Ye...kan Cuma gitu doank. Lagipula,jadi penulis itu cuma berkhayal. Nggak ada
              apa-apanya dibandingkan dengan Ilmuwan yang bisa menciptakan sesuatu en
membuat kemajuan.”
            Haduh...siapa bilang sih yang bilang kaya’ gitu?! Itu pasti yang bilang orang nggak bener tuh. Para ilmuwan bisa menemukan penemuan baru tuh justru terinspirasi dari penulis. Nah...masih pada nggak percaya kan? Nih,aku kasih contohnya. Ada yang tau Jules Verne? Dia adalah penulis novel-novel science fiction seperti : Perjalanan ke Bulan, Around the world in 80 days, dan 20.000 mil dibawah laut. Tau nggak guys,waktu novel-novel itu dibuat orang-orang merasa apa yang dituliskan di novel itu mustahil diterapkan dalam dunia nyata. Tapi,apa yang terjadi setelah bertahun-tahun. Apa yang dituliskan oleh Jules Verne menjadi nyata! Seperti novel Around The World in 80 days(novel ini juga bahkan sudah dibuat menjadi film. Dibintangi oleh Jackie Chan), yang ternyata menginspirasi para Ilmuwan untuk membuat alat transportasi yang bernama Kereta Api. Masih nggak percaya lagi? Nih, ada contohnya lagi. Ada sebuah novel yang berjudul Brave New World karya Aldus Huxley. Di dalam novel ini diceritakan bahwa manusia bukan lagi “dilahirkan”. Tetapi di “produksi” secara massal sesuai dengan kebutuhan. Embrio-embrio di bibitkan di Central London Hatchery and Conditioning Centre. Dan apa yang terjadi setelah 56 tahun novel itu dibuat? Pada tahun 1988 bayi tabung kedua lahir di Indonesia!
  Ternyata mereka juga membawa perubahan yang besar buat kita.”
            Tuh,kan. Makanya aku bilang sejak awal. Jangan remehkan seorang penulis. Dan untuk kalian para penulis,jangan merasa minder menjadi penulis. Keep Spirit!!

Tidak ada komentar: